Tips Membeli Mesin Diesel Baru vs Rekondisi

Harga Mesin Diesel Rekondisi ex Japan cukup bervariasi tergantung beberapa faktor penentu antara lain sebagai berikut :

A. Merk / Brand Engine
B. Kondisi mentah / kotor mesin diesel (Sumber asal Mesin) dan sudah berapa kali mesin tersebut pernah di overhaul, Kondisi Crankshaft STD, Fuel Injection Pump dsb
C. Cara pengerjaan atau proses Rekondisi
D. Kualitas spare part yang digunakan sebagai pengganti
E. Dukungan spare part yang mudah didapat di pasaran,
F. Garansi yang diberikan.
G. Dukungan Teknis after sales service 

Untuk sumber asal mesin dari Japan umumnya harga lebih mahal karena kondisi dan kualitas parts mesin lebih bagus dan mempunyai daya tahan material atau kualitasnya material mesin lebih tahan lama. Faktor sumber asal mesin diesel dari Lokal, Singapore, Korea, Taiwan masing masing berbeda kualitas dan harga, banyaknya jumlah pilihan pemakai mesin diesel rekondisi dengan merk tertentu yang ada dipasaran bisa menjadi bahan pertimbangan sebelum melakukan pembelian.

Mesin Baru vs Rekondisi
Membeli Mesin Diesel Rekondisi tentu akan menghemat lebih banyak uang dari pada membeli mesin baru,  namun membeli Mesin Diesel rekondisi juga mempunyai resiko bila kita kurang memahami secara teknis dalam memilih atau kurang teliti menyeleksi kondisi mesin nya, kemungkinan bisa mengeluarkan biaya perbaikan yang lebih signifikan bahkan bisa hampir menyamai selisih harga Mesin baru dan menghabiskan waktu, bila tidak jeli dalam membeli. Saat ini banyak orang yang memilih membeli Mesin Diesel baru dengan harga murah, yaitu Mesin Diesel produk China, dengan segala resiko keterbatasan kualitas, kemampuan beroperasi, aftersales service, spare part perbaikan terkadang kesulitan untuk mendapatkan bila terjadi kerusakan serta nilai jual yang lebih rendah.

Harga Mesin Diesel Rekondisi bisa lebih murah 31% - 35% dari harga Mesin baru. Bila tepat dalam memilih dan menyeleksi kualitas rekondisi mesin nya (faktor penentu harga) tetapi bila salah pilih atau tidak teliti  atau kurang paham maka bisa adanya biaya yang dikeluarkan untuk tambahan perbaikan dan jelas hal ini tidak menguntungkan ( biaya dan waktu) bagi pembeli. Oleh karena itu bagi calon pembeli atau pemakai yang berniat akan membeli mesin diesel rekondisi untuk pemakaian mesin alat berat, Truk, Bus, mesin kapal, penggerak pompa, Genset, Crane dsb. Harus mengetahui beberapa faktor tersebut diatas bagaimana jalan nya proses rekondisi, merk dan spare part apa saja yang diganti, kemudian sebelum dilakukan pengiriman harus dilakukan pengetesan kemampuan mesin terlebih dahulu, selanjutnya mintalah bagaimana cara pemeliharaan dan perawatan Mesin diesel rekondisi tersebut.